Hang Out Setelah Pulang Kantor

sepulang kantor sudah menjadi rutinitas karyawan urban. Salah satunya untuk menunggu kemacetan selepas office hour.  Ya, kini tak perlu menunggu nongkrong di akhir pekan untuk bertemu teman-teman. Sebab kini hangout setelah jam kantor lebih populer meski esoknya harus kembali ngantor.  

Lantas apa yang bikin para pekerja tetap melakukan chit-chat meski mengorbankan waktu istirahatnya? Berikut beberapa manfaat nongkrong sepulang kerja.

Penyemangat Sepanjang Hari

Jika rencana hangout sudah disepakati sehari sebelumnya, pastinya kita lebih bersemangat menjalani hari. Bayangan akan segera bertemu dan bersenang-senang dengan teman-teman tanpa disadari akan memacu diri untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

Bye Beban

Meski pekerjaan nggak seharusnya jadi beban pikiran, rasanya hal itu sulit dihindari. Daripada dipendam sendirian, tak ada salahnya kalau mencurahkan semuanya sepulang kerja.

Hemat Biaya

Beberapa restoran dan bioskop menawarkan harga berbeda saat weekend dan weekday. Promo harga yang menggiurkan jadi salah satu alasan untuk menghibur diri sendiri. 

Refreshing Kilat

Buat yang nggak sabar menunggu weekend buat ke luar kota, kenapa kita nggak menciptakan refreshing kilat saat weekend?

Referensi Ide Segar

Ide baru memang bisa datang dari mana saja dan kapan saja, termasuk dari teman segeng. Bertukar pengalaman dan cerita tentang pekerjaan bisa menjadi inspirasi untuk mendapatkan referensi.

Tips Mengurangi Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh adalah keadaan di mana penderitanya kesulitan untuk melihat benda-benda yang jaraknya jauh. Nggak hanya diderita oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak dan para remaja juga beresiko terancam oleh penyakit yang bisa dibilang sepele ini. Penyebabnya bisa dari keturunan, hingga kebiasaan buruk seperti sering menonton TV atau membaca terlalu dekat.

Solusi untuk menyelamatkan mata minus ini nggak harus dengan menggunakan kacamata apalagi soft lens, lho. Berikut saran-saran dari Hipwee Tips yang bisa kamu coba segera!

1. Latihlah fokus penglihatanmu dengan menggunakan telunjuk

Untuk melakukan latihan ini, duduklah dalam posisi yang nyaman, tempatkan telunjuk kamu sekitar 10 cm dari hidung. Fokuskan pandanganmu ke arah telunjuk kemudian alihkan fokusmu ke objek jauh di belakang telunjuk. Kemudian kembalikan fokusmu ke telunjuk. Lakukan dengan melirik tanpa menggeserkan kepala.

Ulangi proses ini hingga 10 kali, maka minusmu akan berkurang dan penglihatanmu akan meningkat.

2. Senam mata juga perlu, demi menjaga kelenturan mata

Goyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berguna untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

3. Kurangi ketegangan dengan menggeser penglihatan atau mengganti objek pandangan

Sebaiknya jangan terlalu lama menatap satu objek tertentu, karena hal ini akan menyebabkan otot mata menjadi tegang dan kaku. Misalnya ketika kamu sedang menatap layar komputer, alihkan pandangan beberapa saat ke jendela atau objek lain di sekitarmu, barulah kembali menatap layar komputer.

4. Nggak cuma badan, matamu pun sesekali butuh berjemur di pagi hari

Memanjakan mata dengan berjemur dapat dilakukan dengan cara menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga tercukupi.

5. Minimal sehari sekali, ganti lalu tentukan warna apa yang bisa melatih tingkat fokusmu

Kamu bisa memilih warna untuk dapat difokuskan setiap hari. Misalnya hari ini kamu memilih warna merah, maka lihat dan carilah warna merah di sekelilingmu. Hal ini sangat bagus untuk melatih fokus matamu ke dalam warna tertentu.

6. Biar bakteri dan debu-debu kabur, mengompres mata pun wajib kamu lakukan

Untuk membersihkan mata, kamu bisa menggunakan obat tetes mata agar mata terhindar dari kuman dan bakteri. Selain itu, kamu bisa membilas mata dengan air hangat. Caranya, siapkan semangkuk air hangat lalu masukkan mata ke dalamnya dan berkedip-kediplah selama beberapa saat.

Langkah ini ampuh untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata.

7. Segera lepas kaca mata atau softlens jika memang tak diperlukan! Pokoknya, jangan keseringan

Otot mata akan menjadi kaku ketika kamu menggunakan kacamata, karena mata akan terbiasa fokus pada pusat lensa. Coba buktikan, kamu akan terbiasa menggunakan leher untuk melihat sekeliling ketimbang menggeser bola mata.

Sesekali pergilah mencari objek pegunungan atau pepohonan dalam rangka penyegaran mata. Objek berwarna hijau diyakini dapat memberikan ketenangan dan dampak positif bagi mata. Selain baik untuk mata, kegiatan ini berguna juga untuk mengembalikan pikiranmu supaya tetap jernih.

9. Supaya tingkat pusingmu berkurang, coba latih mata untuk memperhatian benda-benda bergerak

Mengurangi mata minus dapat dilakukan dengan melihat kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya selama beberapa menit. Memang pada awalnya agak memusingkan, tapi cara ini ampuh untuk melatih otot mata.

10. Terapi lilin. Langkah sederhana untuk mensterilkan mata berikut kotoran-kotorannya

Caranya mudah, nyalakan lilin lalu tataplah nyala lilin tersebut sampai kamu mengeluarkan air mata. Usahakan untuk tidak terlalu banyak berkedip supaya makin banyak air mata yang dikeluarkan. Lakukan terapi ini selama 4 kali dalam seminggu.

11. Istirahatkan mata 15 menit sekali dengan teknik eye palming. Jangan diforsir kalau sudah capek, ya

Teknik ini ampuh untuk mengistirahatkan mata dan membuatnya rileks. Gosok-gosokkan telapak tangan hingga hangat, tutup kedua mata dan tempelkan dengan telapak tangan yang hangat. Kamu bisa lakukan kapanpun saat mata kamu merasa penat.

12. Tiap bangun tidur, pijat juga titik-titik sekitar mata untuk membuat mata menjadi rileks

Lakukan pijatan-pijatan ringan di sekeliling mata setiap kali bangun tidur. Pijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan mata yang lelah.

13. Sesekali, lakukan terapi daun sirih supaya jamur-jamur pada mata kabur

Daun sirih punya banyak khasiat seperti mengurangi iritasi, membuang kotoran dan mematikan kuman serta jamur pada mata.

Caranya, ambil dua lembar daun sirih, cuci bersih kemudian tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur. Pagi harinya, lepas daun sirih (mungkin sudah terlepas dengan sendirinya) dan cuci bersih wajah kamu.

14. Jaga pola makanmu! Konsumsilah menu-menu yang kaya akan vitamin A, biar penglihatanmu tetap terjaga

Untuk penanganan dari dalam, kamu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, betakaroten, omega 3, luthein, lycopene, dan zink. Kandungan zat ini sangat dibutuhkan oleh mata. Beberapa makanan yang mampu mengembalikan kesehatan mata antara lain seperti wortel, ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, dan tiram.

Menebak Kepribadian Orang Dari Penampilannya

Yup, jika biasanya karakter atau kepribadian seseorang dilihat dari cara berbicara dan tingkah lakunya, maka pakaian yang dikenakan sehari-hari juga secara nggak langsung akan mencerminkan kebiasaan dan kepribadian pemiliknya.

Ternyata nggak hanya cewek yang bisa dilihat karakternya dari cara berpakaiannya, tetapi cowokpun juga bisa. Mereka yang senang mengenakan setelan kaus dan celana jeans tentunya akan berbeda karakternya dengan cowok yang senang berpakaian rapi dengan setelan jas. Nggak jarang, cewek akan melihat calon gebetannya dari pakaian yang dikenakannya, jika dirasa kurang menarik dan terkesan janggal, otomatis si cowok nggak akan berhasil merebut simpati.

1. Cowok yang senang mengenakan kaus oblong, mereka cenderung simpel, nggak neko-neko dan suka kebebasan

Biasanya, setelan yang kerap dikenakan cowok ini adalah paduan kaus dengan celana jeans dan bersepatu snikers. Cowok yang gemar mengenakan kaus ini tergolong tipe cowok yang simpel dengan konsep hidup sederhana dalam menjalani segala hal, apa adanya namun sangat menyukai kebebasan dan nggak suka terjebak dalam rutinisme. Sesosok tipe cowok yang keras kepala ketika diberi saran dan royal dengan uang terutama untuk teman dan keluarga. Selain itu, mereka juga bisa serius ketika sedang menghadapi suatu persoalan tertentu.

2. Cowok dengan polo shirt punya sifat yang easy going dan mudah bergaul, jangan heran jika langsung nyaman saat ngobrol dengannya

Polo shirt termasuk jenis pakaian yang santai tapi sopan. Nggak terlalu kasual seperti kaus namun juga nggak terlalu resmi seperti kemeja atau setelan jas. Biasanya, polo shirt yang digunakan ini terkesan simpel, tapi tetap membuat penampilan cowok terlihat memukau.

Kehangatan cowok yang gemar mengenakan polo shirt ini mengundang banyak orang untuk berteman dengannya. Cowok ini ramah kepada siapapun, mudah bergaul dan pandai menempatkan diri di lingkungan manapun. Dia juga easy going dan humoris. Saat bersama dengannya, dijamin kamu nggak akan berhenti tertawa.

Tapi, dia termasuk orang yang nggak bisa diajak buat ngomong serius. Giliran kita ngomong serius, pasti semuanya jadi bahan lawakan buat dia.

3. Cowok berkemeja, adalah sosok yang dapat memegang teguh aturan, norma dan nilai yang ada. Termasuk orang yang punya kedisiplinan tinggi

Baju kemeja biasanya digunakan oleh cowok untuk menampilkan kesan rapi dan terstruktur. Kemeja nggak hanya digunakan saat ke kantor saja, melainkan juga bisa dikenakan untuk momen-momen khusus bahkan harian. Kuncinya adalah di padu padannya, terutama bawahan dan sepatunya.

Cowok berkemeja adalah mereka yang taat aturan dan disiplin. Mereka cenderung perfeksionis, kata-katanya jujur dan bisa dipercaya. Cowok ini sangat royal dan nggak segan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang mereka sukai.

Jeleknya, mereka punya standar tertentu untuk urusan cewek. Tipe seperti ini lebih sulit didekati dan senang go public. Kamu para cewek harus bisa bersikap sempurna untuk menuruti seleranya yang tinggi.

4. Cowok dengan kardigan atau sweaternya yang pas badan punya karakter yang peduli penampilan, cerdas dan idealis

Kardigan dan sweater adalah pilihan lain selain kemeja yang dikenakan untuk menampilkan karakter rapi tapi nggak kaku dan cenderung stylist. Kedua pakaian ini biasanya dipadukan dengan kaus, polo shirt ataupun kemeja dengan ukuran yang pas badan.

Dari penampilannya, kamu akan tahu bahwa cowok ini suka banget bergaya preppy. Biasanya mereka punya standar tinggi soal penampilan dan sikapnya yang lebih idealis. Tipe ini identik dengan cowok yang cerdas. Kamu akan menemukan hal baru ketika berinteraksi dengannya.

5. Cowok yang senang mengenakan jas memiliki obsesi pada kerapian dan kebersihan, mereka senang membawa citra dirinya dengan baik untuk dihargai orang lain

Setelan jas yang biasa dikenakan untuk acara formal ini juga bisa dipadukan dengan kaus untuk menampilkan kesan kasual. Cowok yang suka mengenakan setelan jas terobsesi dengan kerapian dan kebersihan. Ia senang membawa citra diri dengan baik untuk dihargai orang lain. Cowok ini pandai menyimpan rahasia dan menyembunyikan kepribadiannya dari orang lain termasuk orang yang dekat dengannya.

Kelebihan dari cowok ini adalah memiliki otak yang nggak terkontaminasi pikiran-pikiran negatif, jadi ketika temannya berpikir aneh dan negatif pria ini akan terlihat santai dan tenang. Selain itu lebih mudah fokus, memiliki kepercayaan diri yang tinggi pada sesuatu yang menjadi miliknya sendiri dan bertanggung jawab.

6. Cowok yang suka memakai luaran jaket dimanapun, dikenal sebagai orang yang aktif, nggak bisa diam dan suka asyik dengan dunianya sendiri

Cowok yang senang mengenakan kaus slim fit polos dan luaran jaket merupakan ciri cowok yang menyukai fashion bergaya sporty. Dia dikenal sebagai orang yang nggak bisa diam, aktif dan asyik dengan dunianya sendiri. Jadi jangan heran kalau kamu suka dicuekin kalau dia lagi sibuk dengan dunianya sendiri. Dia juga seringkali lebih mementingkan untuk bermain dengan teman-temannya yang memiliki hobi yang sama dibandingkan pergi kencan.

7. Cowok dengan gaya hipster biasanya senang dengan kebebasan dan nggak segan-segan untuk mengekspresikan dirinya

Topi lebar, celana harem, atasan kaos tanpa lengan, jaket kulit dan lain-lain, adalah pakaian dan asesoris yang kerap dikenakan cowok bergaya hipster ini. Apapun gaya yang dipakai cowok ini identik dengan kebebasan. Cowok tipe ini nggak takut mengekspresikan apa yang dia mau. Itulah kenapa nggak jarang orang-orang menganggapnya nyentrik.

Biasanya mereka adalah tipe hit and run. Artinya, saat mendekati cewek, keputusan ditolak atau diterima nggak jadi masalah buatnya, yang terpenting adalah mengungkapkan ekspresi yang ingin dia katakan. Biasanya mereka tertarik sama tipe cewek yang suka hal yang sama. Semakin mirip hobi atau minatnya dengan dia, semakin tertarik dia denganmu.

Cara Menjaga Sepatu Agar Tidak Rusak, Jamur dan Bau

Sepatu adalah salah satu bagian dari sandang, yang merupakan kebutuhan pokok seorang manusia. Tentunya, Anda sering pula menggunakannya, bukan?  Tak heran, sepatu memiliki space tersendiri di dalam rumah dengan perangkat tempat penyimpanannya. Seharusnya, area simpan sepatu terorganisir dan tidak menyulitkan ketika dicari, juga tidak membuat sepatu menjadi mudah rusak, bau, dan terus ditumbuhi jamur yang berbahaya bagi kesehatan.

Terdapat beberapa siasat yang bisa Anda lakukan, untuk menyimpan koleksi sepatu anda, lho!

Untuk sepatu yang sering dipakai, simpan pada rak sepatu yang terbuka. Biasanya sepatu yang sering digunakan rawan lembap akibat keringat dan kotoran. Dengan menyimpannya di rak terbuka, pergantian udara lebih maksimal sehingga mengurangi kelembapan. Jika rak sepatu Anda tertutup, angin-anginkan dahulu sepatu yang habis dipakai sebelum disimpan.

Untuk sepatu yang jarang dipakai, simpanlah di kotak sepatu. Jangan lupa menaruh silica gel atau kamper di dalam kotak sepatu agar kelembapannya terjaga serta bebas jamur.Agar lebih mudah memilih sepatu yang akan dipakai, gunakan kotak sepatu plastik transparan atau dengan menempel foto sepatu di boks. Pastikan sepatu kering dan bersih sebelum masuk ke dalam boks. Sepatu yang tidak kering dapat menyebabkan kulit sepatu terkelupas dan retak-retak.

Sepatu yang telah dipakai dan disimpan dalam waktu yang lama biasanya akan mengalami perubahan bentuk. Perubahan bentuk ini dapat membuat kaki Anda tidak nyaman atau sakit ketika memakainya. Gunakan alat penyangga sepatu atau shoe tree agar dapat mempertahankan bentuk sepatu. Shoe tree yang terbuat dari kayu dapat sekaligus menyerap kelembapan sepatu. Jika tidak memiliki shoe tree, anda bisa menggantinya dengan gumpalan koran atau kertas.

Tips Liburan Saat Weekend Datang!

Liburan murah saat long weekend bisa jadi merupakan dambaan setiap orang yang jenuh bekerja setiap harinya, apalagi buat yang dompetnya lagi tipis. Kebetulan sebentar lagi ada libur di hari Jumat nih, udah siapin rencana pergi kemana belum? Kalau belum, coba terapkan 5 tips ini supaya hati makin bahagia.

Di tahun 2019 ini gak banyak tanggal merah yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi long weekend, terhitung hanya satu di tanggal 19 April 2019 ketika libur Paskah. Berbeda seperti tahun 2018 yang mencapai enam tanggal long weekend. Jadi harus kamu manfaatin banget nih kesempatannya.

Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih ketika memanfaatkan libur panjang, mulai dari liburan dalam kota, luar kota bahkan ke luar negeri.  Kalau gak mikirin duit sih seru-seru aja ke luar negeri, tapi kalau bujetnya terbatas mending pilih yang dalam kota atau luar kota aja supaya dompet gak tipis. Walaupun bujet terbatas, gak berarti kualitas liburan kamu berkurang juga lho. Ini tinggal gimana pinternya kamu memanfaatkan momen yang ada aja, gak sulit kok. Kalau kamu mengalami sedikit kesulitan bisa gunakan 5 tips liburan murah saat long weekend berikut ini:

1. Tentukan destinasi liburan murah

Ada beberapa orang yang pergi liburan asal berangkat dulu aja, tapi gak tahu tujuan pastinya kemana. Hal-hal kaya gini yang bikin duit makin kering.

Sebelum pergi berangkat kamu wajib tentukan kemana mau pergi dan ada destinasi apa aja disana. Kalau bisa cari tahu juga berapa biaya masuknya supaya bujet bisa disesuaikan.

2. Pergi ramai-ramai

Mungkin kamu pernah denger slogan “Gak ada loe, Gak rame,” selain sensasi kebersamaannya berkurang, kata-kata itu juga bermakna biaya liburan kamu bisa semakin hemat lho. Berapa paket promo liburan biasanya bakal memberikan diskon lebih bagi yang menggunakan jasanya dalam kloter besar.

Kan lumayan tuh udah jalan-jalan makin seru liburan murah juga sekalian didapat dalam kesempatan yang sama. Jangan lupa ajak teman kamu ya!

3. Cari promo murah

Udah menjadi rutinitas orang Indonesia kalau belum ada diskon gak bakal membeli suatu barang. Sama halnya dengan belanja, mencari tempat liburan juga bisa mendapatkan diskon lho. Dan potongannya juga terbilang cukup besar, jadi bisa sekalian berhemat deh.

Emang gak setiap hari promo liburan murah akan ada terus, maka dari itu ada baiknya merencanakan liburan dari jauh-jauh hari supaya promonya gak kelewatan.

4. Hindari tempat yang berpotensi hujan

Belakangan ini musim hujan sedang melanda Indonesia, cuacanya pun kadang suka gak menentu. Dimana pagi seringkali cerah dan siang atau sorenya barulah hujan.  Selain bikin repot, hujan juga bisa menghambat rencana kamu melakukan suatu kegiatan outdoor seperti snorkeling atau mendaki gunung.

Untuk mengantisipasi kerugian, lebih baik kamu cari destinasi liburan murah yang lokasinya indoor untuk meminimalisir risiko tersebut.

5. Pilih destinasi liburan murah di dalam kota

Daripada kamu bingung-bingung mencari tempat liburan yang ada di luar kota, mending cari lokasi yang ada di dalam kota aja. Supaya bisa menekan bujet transportasi yang lumayan menguras uang.

Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi seperti kebun binatang, taman kota dan waterpark. Paling uang yang dikeluarkan gak sampai Rp 100 ribu per orang kok, bahkan ada yang gratis seperti ke alun-alun kota.

Nah itu dia deretan 5 tips liburan murah yang bisa kamu lakukan saat long weekend. Jadi gak perlu pusing lagi deh mikirin bujet kalo gitu. Otak senang, hatipun jadi gembira

Jangan Remehkan Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Manfaat minum air putih ternyata bukan hal remeh, seperti yang banyak dikira orang. Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.  

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan, sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula dengan jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain:

Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.

Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalammencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

Menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.

Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh, yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, terbilang mudah. Tanda awal yang umumnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya.

Gejala lain yang mungkin juga dirasakan ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik yaitu merasa pusing, sakit kepala, mulut, bibir, dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, dan kelelahan.

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

Berolahraga atau aktif secara fisik.

Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.

Cuaca yang sangat panas.

Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat minum air putih seperti yang dijelaskan di atas, yaitu:

Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.

Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.

Ada beberapa ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.

Jangan lupa pula memastikan air minum layak dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan, guna menghindari penyakit akibat meminum air yang terkontaminasi. Dapatkan manfaat minum air putih bagi kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, dan lengkapi dengan pola hidup yang sehat.

Bermain Alat Musik Membuat Kamu Mengasah Otak

Penelitian telah membuktikan banyaknya manfaat bermain alat musik bagi kesehatan tubuh, terutama pikiran.

Bahkan, aktivitas ini bisa menurunkan stres, tekanan darah, dan mencegah demensia serta depresi. Nah, berikut manfaat bermain alat musik bagi tubuh dan pikiran:

1. Pikiran semakin tajam

Studi dari University of Kansas Medical Center menyimpulkan, musisi memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik daripada mereka non-musisi.

Kok bisa? Nah, ternyata bermain alat musik secara teratur dapat dijadikan  bentuk latihan bagi otak. Mulai dari memukul seprangkat drum hingga menium saksofon, bisa membuat otak tetap aktif.

2. Meningkatkan koordinasi

Musisi biasanya memiliki koordinasi tubuh yang sangat baik. Sebab, aturan dasar bermain alat musik mengharuskan mereka untuk memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata.

Nah, dampak positifnya, kita akan lebih pandai bila berolahraga yang memerlukan koordinasi antara tangan dan mata. Bermain basket, misalnya.

3. Mengatur suasana hati

Meningkatkan suasana hati juga bisa kita lakukan dengan bermain alat musik. Penelitian menunjukkan, manfaat bermain alat musik dapat mengurangi stres dan menurunkan tingkat hormon kortisol.

Ada juga manfaat unik dari bermanfaat alat musik. Ternyata, dengan menciptakan musik sendiri, memungkinkan kita untuk mengatur suasana hati. Mulai dari sedih, tegang, hingga gembira.

4. Sistem pernapasan jadi lebih baik

Meniup alat musik klarinet, seruling, atau instrumen tiup lainnya, memiliki sebuah aturan, yakni bernapas dengan benar dan secara tepat.

Sebab, instrumen ini akan berbunyi sesuai getaran udara yang dihasilkan dari napas musisi yang memainkannya. Lalu apa manfaatnya bagi si musisi? Bermain alat musik sama saja melatih pernapasan agar lebih efektif. Alhasil, sistem pernapasan jadi lebih baik karena dilatih secara rutin.

5. Meningkatkan konsentrasi

Ada banyak sekali dari elemen musik yang tak boleh diabaikan oleh seorang musisi. Mulai dari lirik, irama, tekstur, timbre, dan sebagainya.

Para musisi diharuskan memiliki kefokusan yang hebat bila ingin memainkan alat musiknya dengan baik. Nah, keuntungannya, hal itu sama saja melatih konsentrasi seseorang. Apalagi bila memainkannya dalam sebuah grup. Hal itu lebih ampuh untuk melatih meningkatkan konsentrasi kita.

6. Indra pendengara lebih baik

Untuk bermain alat musik, musisi harus mendengarkan musiknya secara intuitif. Nah, kemampuan untuk mendengarkan itulah yang memungkinkan mereka mengetahui memilih tangga nada atau irama yang tepat.

Lalu apa keuntungannya bagi kegiatan sehari-hari? Ternyata, hal ini dapat membuat kemampuan mendengar kita jadi lebih baik. Nah, kemampuan mendengar inilah yang menjadi kunci kesuksesan membangun hubungan sosial

Pekerja Kantor Akan Lelah Sesudah 50 Jam Kerja Selama Seminggu

Ini yang dirasakan pekerja selama dia bekerja setiap hari. hari-hari selama dia bekerja akan terasa melelahkan selama lebih dari seminggu karena pikiran yang selalu dipaksa untuk melakukan pekerjaannya untuk memenuhi kehidupannya.

Maka dari itu suatu perusahaan di China mengharuskan karyawannya untuk mengambil cuti setahun sekali untuk menunjang skill bekerjanya di kantor, jika tidak mengambil cuti akan dikenakan denda oleh perusahaan. Ada kasus lagi perusahaan di Jepang untuk mengharuskan karyawannya untuk tidur paling lama satu jam pada saat jam istirahat dimulai, ini kenapa karena memang karyawan membutuhkan pikiran yang fresh untuk memulai pekerjaan yang begitu membuatnya berfikir keras.

Jika tidak mengambil waktu luang misalkan liburan, tidur atau cuti akibatnya akan terjadi penurunan kinerja dalam bekerja. Resiko akan terjadi jika pekerja selalu berfikir untuk bekerja dan bekerja, bekerja semingu selama 50 jam akan terbuang sia-sia dan tidak akan maksimal. Selain itu tidur yang tidak teratur juga membuat penurunan dalam bekerja dikantor, misalkan kamu tidur larut tiap hari karena pekerjaan yang banyak dan kamu akan ganti di hari minggu untuk tidur seharian itu tidak akan bisa mengganti waktu tidurmu kemarin-kemarin. Karena sel tubuh akan berkerja dalam sehari itu saja tidak bisa diganti hari besoknya, dalam tidur jam 00.00-03.00 otak akan membuang racun-racun akibat pikiran seharian penuh menumpuk dan usus akan menjalani proses pembersihan tapi wajar jika jam segini perut terasa lapar. Kemudian jam 03.00 – 06.00 suhu tubuh berada titik terendah karena badan akan hangat dan tubuh akan memproduksi hormon melatonin, tetapi akan berkurang menjelang pagi maka itu wajar juga jika kita bangun tidur berkeringat. Ingat ya tubuh akan berkerja setiap hari sekali dan tidak bisa digantikan hari lain.

Untuk kamu para pekerja kadang merasa lesu berangkat di hari senin atau membutuhkan mood yang baik untuk mejalani awal hari di kantor, ya karena kita tidak melakukan tidur teratur atau mungkin melakukan sedikit liburan dan bisa juga nongkrong dengan teman bercanda tawa bisa mengurangi pikiran kalian. Kita akan merasa sia – sia seminggu kemaren menjalankan pekerjaan di kantor.

Pentingnya Kacamata Anti Radias Bagi Mata

Apakah Anda sering berada di depan komputer dan sering merasakan kelelahan pada mata? Mungkin Anda pernah mendengar sebuah solusi untuk masalah Anda ini yaitu dengan menggunakan kacamata anti radiasi. Mungkin hal ini membuat Anda mempertimbangkan penggunaan kacamata anti radiasi.

Namun, sebelum Anda menggunakan kacamata anti radiasi sebaiknya ketahuilah beberapa hal penting di bawah ini terkait kacamata anti radiasi. Baca terus untuk mengetahui tentang latar belakang dan apa itu kacamata anti radiasi, efektivitas, cara kerja, harga kacamata anti radiasi, keunggulan kacamata anti radiasi, kelemahan kacamata anti radiasi.

Latar Belakang Penggunaan Kacamata Anti Radiasi

Di zaman yang semakin digital, orang-orang semakin banyak mencurahkan waktunya dengan aktivitas digital yakni dengan berada di depan layar gadget baik berupa komputer, laptop, handphone, dan tablet. Kondisi ini telah membuat banyak orang yang mengalami beberapa keluhan pada mata yang sering disebut sebagai digital eye strain.

Digital eye strain adalah sebuah masalah pada mata yang menimbulkan beberapa keluhan seperti mata kering, berair, merah, tegang;penglihatan berbayang atau tidak jelas; sakit kepala; nyeri leher. Hal-hal tersebut merupakan efek samping dari penggunaan perangkat digital selama berjam-jam dalam satu kali waktu.

Efek samping penggunaan gadget yang telah disebutkan sebelumnya mendorong solusi untuk mengatasi masalah itu. Solusi tersebut adalah aturan 20-20-20. Aturan 20-20-20 adalah sebuah aturan yang mengatur agar setiap 20 menit Anda melihat layar gadget maka lihatlah sesuatu objek sejauh 20 kaki (6 m) selama 20 detik.

Aturan 20-20-20 ini dipopulerkan oleh Dr. Jeff Anshell yang merupakan seorang ahli ergonomi penglihatan. Aturan tersebut sudah dilakukan di beberapa negara dan bisa untuk mencegah atau mengurangi kelelahan mata.

Namun aturan tersebut menuntut kedisiplinan dan frekuensi tinggi. Secara praktik, tentu saja banyak orang yang lupa untuk melakukan hal tersebut setiap 20 menit sekali. Hal ini mendorong para ahli untuk membuat sebuah solusi lain yang lebih praktis. Solusi tersebut adalah penggunaan kacamata anti radiasi.

Kacamata anti radiasi adalah…

Apa itu kacamata anti radiasi? Pasti pertanyaan tersebut ada di kepala kamu meskipun kamu sudah memiliki bayangan tentang kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi adalah sebuah kacamata dengan jenis lensa yang mampu menangkal sinar radiasi yang dipancarkan oleh layar.

Efektifkah Penggunaan Kacamata Anti Radiasi

Apakah penggunaan kacamata anti radiasi efektif? Pertanyaan ini pasti ada di benak orang-orang yang berencana ingin menggunakan kacamata anti radiasi untuk mencegah efek samping dari penggunaan gadget yang lama.

Efektif atau tidak efektif penggunaan kacamata anti radiasi bersifat subjektif. Tingkat efektivitasnya tergantung kepada pemakainya. Kacamata anti radiasi tidak akan efektif digunakan apabila Anda memiliki masalah pada mata. Kacamata anti radiasi bahkan bisa mengganggu penglihatan orang-orang yang sudah memiliki masalah mata seperti minus, katarak, dan lainnya.

Namun, apabila mata Anda normal tetapi memiliki digital eye strain setelah atau pada saat menggunakan perangkat digital maka kacamata anti radiasi bisa bekerja secara efektif. Kacamata anti radiasi bisa mengurangi dan mencegah terjadinya digital eye strain. Selain itu kacamata anti radiasi juga bisa untuk membantu penglihatan Anda tetap jelas.

Cara Kerja Kacamata Anti Radiasi

Bagaimana yah cara kerja kacamata anti radiasi yang penampakannya seperti kacamata biasa tetapi bisa mencegah atau mengurangi ketegangan mata? Hal tersebut juga membuat banyak orang menjadi bingung. Tidak perlu bingung karena kamu akan mendapatkan penjelasan tentang cara kerja kacamata anti radiasi.

Kacamata anti radiasi memiliki jenis lensa khusus yang mampu untuk mengurangi silau, meningkatkan kontras, dan memaksimalkan apa yang Anda lihat melalui lensa tersebut. Kacamata anti radiasi memiliki dua fitur utama pada lensa yakni lapisan pertama merupakan lapisan anti reflektif dan tint.

Lapisan anti reflektif merupakan lapisan lensa anti pantul yang bisa mengurangi silau dari layar gadget. Pengurangan silau ini merupakan cara ampuh yang pertama kali harus disingkirkan untuk mengurangi ketegangan mata. Kualitas kacamata anti radiasi sangat dipengaruhi oleh lapisan anti silau ini pada lensa.

Fitur yang kedua adalah tint. Apa itu tint? Tint adalah unsur putih pada warna yang membuat suatu warna semakin muda atau pucat. Kacamata anti radiasi memiliki fitur tint ini untuk meningkatkan kontras pada layar dan menyaring ketidaknyamanan pada spektrum cahaya.

Harga Kacamata Anti Radiasi

Banyak yang mengatakan bahwa kacamata anti radiasi mahal. Sebenarnya hal ini tergantung pada objek perbandingan. Kacamata anti radiasi bisa saja lebih mahal bila dibandingkan dengan kacamata stylish yang murah. Akan tetapi, kacamata anti radiasi bisa lebih murah bila dibandingkan dengan sunglasses ternama/ bermerk.

Di Indonesia, kacamata anti radiasi dibanderol mulai dari harga Rp 200.000 – 300.000,-. Ada juga kacamata anti radiasi dengan harga di bawah Rp 100.000,-. Kacamata anti radiasi premium bisa mencapai angka Rp 1.000.000,-. Anda perlu tahu bahwa semakin bagus kualitasnya maka semakin mahal pula harganya.

Keunggulan Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan aturan 20-20-20 atau kacamata jenis lainnya. Keunggulan kacamata anti radiasi didapatkan melalui fitur-fitur yang terdapat pada kacamata anti radiasi.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan kacamata anti radiasi:

1. Tidak memiliki efek samping

Apakah Anda mengira bahwa kacamata anti radiasi memiliki efek samping? Anda keliru karena kacamata anti radiasi yang berkualitas tidak memiliki efek samping. Hal ini dikarenakan pada kacamata anti radiasi yang berkualitas menggunakan teknologi pelapisan ion yang canggih sehingga bisa menghalau radiasi elektromagnetik.

2. Bisa menghilangkan gejala digital eye strain

Lapisan lensa yang mengandung bahan anti radiasi membuat kacamata anti radiasi mampu menyerap gelombang mikro dengan frekuensi rendah. Hal ini bisa menghilangkan gejala-gejala digital eye strain, seperti demam, sakit kepala, mata kering dan berair, dan lainnya.

3. Membuat penglihatan menjadi lebih jelas

Kacamata anti radiasi juga dilengkapi dengan fungsi yang penting yaitu bisa menetrasi dan menyerap sinar dari sumber yang bervariasi. Hal ini berdampak pada jelasnya penglihatan bagi para pemakai kacamata anti radiasi.

4. Cocok untuk pekerja di depan PC, penggemar TV dan video game

Sebuah kabar bahagia bagi Anda pecinta acara televisi dan video game. Kacamata anti radiasi bisa mencegah mata Anda dari sinar yang berbahaya. Selain itu, kacamata anti radiasi tentunya sangat cocok untuk para pekerja yang harus bekerja dengan menggunakan komputer seharian.

Kelemahan Kacamata Anti Radiasi

Anda telah mengetahui beberapa keunggulan kacamata anti radiasi. Selanjutnya, Anda juga perlu tahu bahwa kacamata memiliki beberapa kelemahan yang mungkin saja membuat Anda harus berpikir ulang untuk membelinya.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan kacamata anti radiasi:

1. Kacamata anti radiasi bisa terlihat lebih kotor

Ternyata kacamata anti radiasi bisa terlihat lebih ‘kotor’ dari kacamata jenis yang lain. Lapisan anti reflektif pada kacamata anti radiasi membuat lensa nampak lebih jernih. Kejernihan lensa kacamata anti radiasi ini membuat kacamata anti radiasi nampak lebih ‘kotor’.

2. Anda harus sering membersihkan

Akibat dari kelemahan kacamata anti radiasi yang sangat jernih sehingga membuat kotoran lebih mudah terlihat maka Anda harus sering membersihkannya. Pembersihan kacamata anti radiasi ini penting untuk diingat apabila Anda tidak ingin melihat kacamata anti radiasi nampak kotor.

3. Harus menggunakannya di ruang dengan cukup cahaya

Penggunaan kacamata anti radiasi disarankan untuk digunakan di ruangan yang memiliki cukup cahaya. Kecukupan cahaya ini sangat penting terlebih untuk yang suka menggunakan tablet.

Efek Penggunaan kacamata 3D Untuk Kesehatan Mata

Dewasa ini banyak sekali produser film yang menciptakan karya mereka untuk dapa disaksikan secara 3 D, dan tidak jarang orang orang menyukainya. Karena disamping kita dapat melihat secara real kita juga dapat merasakan hal yang terjadi didalam film itu secara langsung. Tapi, efek buruk mengenai keberadaan teknologi 3 Dimensi (3D) terus dikemukakan oleh para ilmuwan. Dibalik kecanggihannya, gambar 3D disinyalir dapat mengakibatkan terganggunya proses penglihatan.

Para peneliti di eindhoven University Belanda, menyimpulkan bahwa televisi/ tayangan 3D dapat mengacaukan fungsi kerja otak sehingga menimbulkan ketegangan pada mata, sakit kepala, dan mual. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah efek 3D mempunyai pengaruh buruk untuk kesehatan mata. Faktanya menonton TV saja dalam waktu yang lama dapat melemahkan mata, dan menuat otot2 mata menjadi tegang. Disinyalir dengan penggunaan efek 3 D, mata kita dapat menjadi tegang 3 x lipat lebih dari penggunaan normal. Penelitian ini didasarkan pada survei yang dilakukan oleh 39 orang relawan. Mereka diminta membaca teks di layar TV berformat 3D dengan jarak 10 meter. 7 orang diantaranya merasakan mual saat membaca. Demikian juga dari segi penglihatan, terjadi penglihatan ganda dan keteggangan mata.Para relawan diminta menonton televisi menggunakan 2 cara, yang pertama menonton televisi dengan 3 D aktif (menggunakan kacamata khusus dengan tenaga baterai, yang dapat mensinkronisasikan tampilan gambar TV secara nirkabel) dan kelompok lainnya menggunakan 3D pasif (bergantung pada polarisasi khusus filter di TV untuk membagi gambar ke kkomponen mata kiri dan kanan.

Penemuan bahwa menonton 3D bisa berdampak buruk bagi mata kita berasal dari kenyataan bahwa tenologi ini menunjukkan inkonsistensi dengan realitas. Biasanya ketika kita melihat dekat, mata kita kan berkonvergen, dan saat melihat objek yang jauh mata kita berdivergen. Bentuk lensa kita juga akan mengalami akomodasi sehingga gambar akan difokuskan untuh jatuh tepat pada retina sehingga kita dapa melihat objek dengan jelas. Hal ini tidak terjadi saat lkita menonton tayangan 3D.

Kacamata 3D bekerja dengan memanfaatkan sistem penglihatan binocular yang dimiliki manusia. Ia menggabungkan 2 gambar berbeda yang akan bersatu ketika memasuki mata kita ddan akan menghasilkan sensasi seperti hidup. Sistem penglihatan binocular memungkinkan manusia untuk melihat dari 2 perspektif berbeda hanya dengan merubah fokus penglihatan walaupun dari jarak yang sama. Otak memiliki kemampuan untuk mengkorelasikan dan memperkirakan posisi, jarakm dan kecepatan melalui impuls yang didapat dari sistem binocular mata.

Ketika kita menonoton tayangan 3D, mata kiri melihat satu gambar dan mata kanan melihat ga,bar lainnya. Otak menggunakan efek ini untuk mengahsilkan gambar 3D. Merupakan pengalaman sensorik yang baru. Saat melihat tayangan 3 D, proses konvergensi dan divergensi bertentangan dengan faktor akomodasi. Hal ini dikareakan mata mengakomodasi dengan berfokus pada sumber cahaya pada satu jarak, tetapi pada waktu yang sama, proses konvergen dan divergen pada jarak lain untuk melihat gambar 3 D tergantung pada posisinya dalam ruang. Contohnya adalah apabila kita menonton dari jarak sekitar 5 meter, mata akan berkonvergen untuk jarak 5 meter. Ketika posisi kita menyimpang dalam ruangan, maka mata akan berkonvergen untuk jarak 3 meer. Akan ada pengalaman menangkap kualitas gambar yang sama dimanapun posisi kita berada walaupun kedua mata kita berbeda konvergen. Masalah ini terbukti dengan banyak kasus dimana banyak orang mengalami gejala seperti sakit kepala, mual, mata lelah, mabuk, bahkan disorientasi setelah menonton tayangan 3 D. Oleh karenanya sebaiknya intensitas dan penggunaan tayangan 3 D harap untuk dibatasi, sebab mengakibatkan kelainan yang serius di kemudian hari khususnya pada anak anak yang masih dalam fase perkembangan otak seiring bertambahnya usia.